Rabu, 09 Maret 2016

STATISTIKA




Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan,
mengumpulkan, menganalisis, menata, menyajikan,menginterpretasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (Bahasa Inggris:statistics) berbeda dengan statistik (statistic).
Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedangkan Statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data dari kumpulan data. 

Dalam ilmu statistika, ada dua macam statistika, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial.
Statistika deskriptif adalah serangkaian teknik yang meliputi teknik pengumpulan penyajian dan peringkasan data serta statistika yang digunakan untuk mendeskipsikan fakta, antara lain dengan cara menghitung ukuran parameter dan fungsi distribusi statistika berdasarkan data empiris.

Statistika inferensial adalah serangkaian teknik atau cara yang digunakan untuk mengumpulkan data, mengolah data, mengkaji, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan sebagian data (data sample) yang dipilih secara acak dari keseluruhan data yang menjadi subjek kajian (populasi).

Beberapa konsep dasar statistika :
Populasi adalah sebuah kumpulan dari semua kemungkinan orang-orang, benda-benda dan ukuran lain yang diamati dari objek, benda, peristiwa atau proses yang menjadi perhatian.
Sampel adalah bagian dari populasi sedemikian sehingga dapat mewakili atau menggambarkan populasi. Untuk memperoleh sampel yang baik, yaitu yang dapat mewakili populasi diperlukan penguasaan teknik sampling. Metode penarikan sampel yang sering dilakukan adalah penarikan sampel random. Dalam hal ini, setiap elemen pada populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel. Penarikan sampel random secara garis besar dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Sampel random sederhana, yaitu penarikan data sampel dengan pengembalian dan tanpa pengembalian dari populasi terbatas atau tak terbatas.
  • Penarikan sampel random sederhana dengan alat bantu tabel angka random. Angka random data di ambil dari komputer.
  • Penarikan sampel sistematis dilakukan dengan cara membuat interval atau jarak yang sama dari data yang telah diurutkan.
  • Penarikan sampel berkelompok (cluster sampling).
     Dalam pengambilan sampel selalu dapat timbul kesalahan (error). Kesalahan sampel dapat terjadi dari proses penarikan sampel, antara lain:
  1. Kesalahan dalam pemilihan. Timbul akibat adanya sekelompok bagian dari populasi yang tidak dapat kesempatan untuk terambil. 
  2. Kesalahan karena tidak adanya tanggapan. Kesalahan ini timbul karena tidak semua anggota populasi akan menjawab atau memberi tanggapan atas pertanyaan atau perlakuan yang diberikan.
  3. Kesalahan dalam pengukuran, dapat terjadi akibat proses pengukuran data yang kurang tepat, atau kesalahan yang timbul dari ketidak akuratan alat yang dipakai.
Variabel adalah suatu fungsi yang mentransformasikan (memberi nilai) hasil percobaan random (dapat berupa pengamatan, kejadian, peristiwa) ke dalam himpunan bilangan riil. Analisis statistika sangat bergantung dari jumlah variabel yang diguanakan saat analisis. Jenis variabel statistika dapat di bagi dua, yaitu :
  • Variabel bebas (independent)
  • Variabel tak bebas (dependent)

Dalam ilmu komunikasi, seorang ahli komunikasi perlu mempelajari statistika karena dapat membantu berbagai permasalahan dalam ilmu komunikasi. Diantaranya adalah :
  1. Membantu dalam penulisan skripsi, karya ilmiah atau penelitian ilmiah baik menggunakan metode kualitatif maupun kuantitatif. Statistika dapat membantu membuat kesimpulan dari data yang diteliti. Misalnya, kesimpulan dari beberapa orang yang menggunakan televisi sebagai media pendidikan, media hiburan, media mendapatkan informasi dan lain-lain.
  2. Membantu kita mengkomunikasikan dengan benar informasi mengenai segala hal yang kita dapat berdasarkan statistik, baik informasi cuaca, informasi kemacetan, informasi kecelakaan atau kejadian yang telah terjadi dan lain-lain.
  3. Untuk mengedit video atau suara untuk dijadikan sebuah film, maka memerlukan statistika baik mengenai tinggi rendahnya suara atau yang lainnya agar hasinya lebih bagus.
Peran atau fungsi statistika dalam mempelajari bidang komunikasi :
  1. Untuk mengukur dan menyimpulkan data dengan cepat melalui frekuensi yang diperoleh dari sebuah penelitian ilmiah.
  2. Menginformasikan data yang diperoleh berdasarkan statistika terhadap suatu hal.
  3. Untuk membaca tabel, grafik, maupun peta lokasi dengan baik agar tidak salah ketika berkomunikasi dengan orang lain.
  4. Untuk mempresentasikan materi yang mengandung statistika dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar